Selasa, 09 Juli 2013

Hikmah Ramadhan

Akhirnya tiba juga bulan yang paling diminati umat islam. Bulan Ramadhan. Bagi umat muslim yang sudah baligh dan mampu diwajibkan untuk berpuasa. Apa itu puasa? Puasa adalah menahan diri dari lapar dan haus dan hal hal yang membatalkannya dari terbit fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari(maghrib).

Nah apa tujuan puasa ini?




Puasa salah satunya bertujuan untuk menyantuni orang orang yang miskin yang sulit untuk mencari makan. Saat puasa, kita dihapkan untuk bisa memahami perasaan orang orang miskin seperti sulitnya menahan lapar dan haus. Tapi saya rasa sering kali kita lupa tentang hal itu. Kita memang menjalani puasa Ramadhan atau puasa lainnya tapi hany sekedar menahan lapar dan haus saja hingga matahari terbenam, mungkin banyak diantara kita yang mengeluh lapar lah, haus lah, gak kuat lah, dan masih banyak lagi. Tahukah kalian kalau orang orang diluar sana, yang tak semampu kita, mereka menahan lapar dan haus hingga mereka bisa makan dan minum, dan itu bisa saja mereka menahan lapar dan haus lebih dari 24 jam.

Apakah kalian sudah membaca artikel saya tentang Kisah Seorang Bocah Misterius di Bulan Ramadhan ?
Bagaimana pendapat kalian tentang kisah tersebut?

Kita merasa kesal jika ada yang makan/minum di depan kita ketika kita sedang berpuasa sebulan. Tapi kita sering sekali makan dan minum di depan orang orang yang lebih susah dibawah kita, selama 11 bulan.

Kita dianjurkan berpuasa  selama 1 bulan. Sedangkan orang orang yang di bawah kita berpuasa lebih dari 1 bulan, bahkan mungkin ada yang 1 tahun lebih. Dan lagi mereka berpuasa tanpa batas. Sedangkan kita hanya berpuasa sepanjang siang dan saat sore kita sudah disuguhkan dengan banyak makanan.

Marilah kita merenung, kita hidup di bumi ini tidak sendirian, masih ada orang yang membutuhkan bantuan kita. Jangan memamerkan kekayaan kita di depan mereka karena sebenarnya di dalam harta kita tersebut, terdapat hak milik mereka.

Jangan pula terlalu membagakan harta. Harta adalah saalh satu hal yang ditipkan kepada kita. Gunakanlah sebaik mungkin agar bisa kita pertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Jika kita merasa bersalah, maka jangan lakukan kesalahan itu lagi. Tinggalkanlah!
Yang berlalu biarlah berlalu, biarlah itu menjadi pelajaran untuk kita menuju masa depan.

Sebelum menjalani Ibadah Puasa ada baiknya kita merenung, tentang apa yang harus kita lakukan dan hal yang harus kita tinggalkan dalam Ramadhan ini. Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap kebaikan yang kita perbuat akan dilipatgandakan. Manfaatkanlah sebaik mungkin.

Sekian dari saya...
Mohon maaf jika kata kata saya menyinggung Anda.

Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.



Urakkai Sakurakouji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar